Berkat Keputusan Berani Saat Hujan, Brad Binder Jadi Juara di Austria

Sesuatu yang seru dan unik terjadi pada seri balapan MotoGP Austria 2021 kemarin. Karena hujan tiba-tiba mengguyur lintasan kandang tim Red Bull, banyak pembalap akhirnya bergerombol dan mengurangi kecepatan. Akibatnya, gelaran MotoGP kali ini tak ubahnya seperti lomba balap sepeda di kampung saat Agustusan.

Sejak awal, persaingan ketat antara beberapa pembalap terjadi. Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo, Jorge Martin, Marc Marquez, dan Johann Zarco beberapa kali bergantian mengisi posisi terdepan. Lap pertama belum selesai, bendera putih sudah dikibarkan tanda para pembalap diperbolehkan berganti motor. Setelah beberapa lap, terlihat ada rintik hujan mulai berjatuhan di beberapa bagian trek.

Meski demikian, para pembalap tidak segera melakukan pergantian ban karena hanya sedikit saja air yang turun. Francesco Bagnaia pun berhasil lolos dari pertarungan ketat di 5 lap awal dan memimpin balapan. Secara perlahan, kelompok terdepan yang dipimpin Pecco diikuti Quartararo dan Marquez menjauh dari beberapa pembalap di belakang.

Memasuki lap 22, bendera hujan keluar, tetapi tidak digubris para pembalap karena hujan tidak terlalu mengganggu kondisi trek. Lap 24 dari total 28 lap, Jack Miller dan Alex Rins masuk ke pit untuk berganti ke ban basah. Hal ini cukup unik karena kebanyakan pembalap terus lanjut dengan ban kering, bahkan persaingan semakin ketat di baris depan.

Jorge Martin, Joan Mir, dan Brad Binder tiba-tiba bisa mengejar kelompok terdepan dan terlibat pertarungan ketat untuk posisi terdepan. Pada lap 25, hujan tiba-tiba deras saat terjadi pertarungan ketat di depan. Akhirnya, lima pembalap teratas masuk ke pit untuk melakukan prosedur flag to flag, tetapi Brad Binder nekat memakai ban kering.

Akhirnya, Brad Binder meneruskan balapan di posisi terdepan, diikuti Aleix Espargaro dan Valentino Rossi yang nekat memakai ban kering di 3 lap terakhir. Pada lap terakhir, beberapa pembalap yang memakai ban wet bisa mengejar selisih waktu dari pembalap yang ada di depan. Namun, Brad Binder sudah terlalu jauh dan tak terkejar hingga akhirnya memenangkan balapan MotoGP Austria 2021.

Terlihat jelas bahwa Brad Binder finish dengan kecepatan yang sangat lambat untuk ukuran motor MotoGP. Posisi kedua pada akhirnya diamankan Pecco Bagnaia dan pada ketiga ada Jorge Martin. Joan Mir finis di posisi keempat, diikuti Luca Marini yang meraih hasil terbaiknya di MotoGP.

Patut disayangkan, Rossi yang sebelumnya sempat menempati posisi 3 akhirnya harus finis ke-8 karena beberapa pembalap tampil lebih cepat. Pembalap Red Bull KTM Factory, Brad Binder, berhasil memenangkan balapan MotoGP Austria 2021 yang berlangsung dengan alur yang cukup unik.

Brad Binder bisa menang karena punya nyali tinggi untuk terus memakai ban tipe slick saat para rivalnya berganti ke ban basah dengan prosedur flag to flag. Uniknya, Binder sebenarnya tak cukup lancar memacu motornya pada lap-lap akhir tersebut. Berikut hasil balapan MotoGP Austria 2021 dan klasemen sementara:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top