Apa Perlu Membuka Kap Mesin Mobil Saat Istirahat dari Perjalanan Jauh?

Sesuatu yang lumrah kita jumpai belakangan ini saat mudik adalah pemandangan di rest area tol banyak pengendara membuka kap mesin mobil kala sedang parkir.

Namun, bagaimana sebenarnya faedah dan aturan yang ada dari membuka kap mesin mobil saat sedang beristirahat dari perjalanan jarak jauh?

Kap mesin mobil memang sengaja dibiarkan menganga oleh sang pemilik mobil yang sedang menempuh perjalanan jauh dengan harapan suhu mesinnya bisa lekas turun. Sembari sang pemilik istirahat, mesin mobil coba didinginkan dengan cara membiarkan kap mesinnya terbuka.

Sesungguhnya tidak ada larangan terkait membuka kap mesin, tetapi sebenarnya hal ini tidak terlalu berpengaruh. Suhu mesin juga akan tetap normal saja. Perlu Anda ketahui bahwa suhu kerja mesin berbeda dengan suhu sekitar. Suhu kerja mesin berkisar 9 hingga 95 derajat celcius. Di sinilah efisiensi tenaga dan konsumsi BBM didapat.

Kipas atau extra fan akan berputar otomatis jika mesin butuh pendinginan. Oleh karena itu, sebenarnya suhu ideal mesin ya memang seperti demikian. Dengan catatan sistem pendinginan bekerja optimal.

Berbeda dengan suhu sekitar yang mungkin dirasakan pemilik mobil. Panas di area luar bonnet terasa di sekitar mobil. Karena ini banyak pengendara merasa engine hood-nyaperlu dibuka karena terlalu panas.

Nah saat proses membuka kap mesin mobil bisa jadi momen berbahaya. Apalagi jika komponen itu panas, Anda bisa saja malah melukai tangan sendiri. Perlu diingat bahwa jika Anda terpaksa buka harus menggunakan alas atau sarung tangan.

Selain itu, jangan duduk di sekitar bagian depan mobil jika dirasa panas. Begitu juga jangan parkir di kepadatan, pasti potensi panas mengganggu lalu-lalang orang lewat. 

Serba salahnya, mobil juga tidak bisa ditinggal ke toilet atau restoran. Soalnya mobil masa kini, salah satu sensor atau switch alarm ada di bagian dalam area mesin. Jadi jika mobil dikunci pakai remote maka alarm pun akan berbunyi.

Selain itu siapa tahu ada tangan jahil yang mengincar komponen mesin Anda yang kap mesinnya menganga ditinggal pergi. Terakhir, dari segi estetika, sepertinya mobil yang terparkir dalam keadaan dibuka kap mesinnya kurang enak dilihat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top