Geliat Aprilia Racing di MotoGP Berusaha Kembalikan Kejayaan Masa Lalu

Menyongsong MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, mari kita simak kiprah salah satu tim pesertanya, Aprilia Racing, pabrikan yang pernah membawa Valentino Rossi menjadi juara dunia.

Patut Anda ketahui, Aprilia Racing memulai musim balap MotoGP 2022 dengan cukup menjanjikan, yaitu berhasil finish di posisi 4 berkat Aleix Espargaro pada laga pembuka di Sirkuit Losail, Qatar (6/3/2022).

Jarang yang sadar, Aprilia Racing di pentas balap dunia sebenarnya punya sejarah gemilang yang coba direbut kembali di tahun ini.

Aprilia Racing mulai masuk ke kejuaraan balap dunia motor pada tahun 1980-an dengan mengikuti balap di kelas 125 cc dan 250 cc.

Pembalap seperti Loris Reggiani dan Alessandro Gramigni membantu memulai jalur sukses dalam balapan untuk Aprilia.

Di balap kelas 125 dan 250 cc ini Aprilia Racing berhasil membawa beberapa pembalap menjadi juara dunia dan menjadi pembalap top di kelas paling bergengsi.

Salah satunya Valentino Rossi yang menjadi juara dunia kelas 125 cc pada tahun 1997, dan juara dunia di kelas 250 cc pada tahun 1999 menggunakan motor besutan Aprilia Racing.

Di pertengahan dekade ’90-an, Aprilia memutuskan mengambil lompatan besar dengan memasuki balapan kategori 500 cc yang sebelumnya didominasi oleh pabrikan Jepang. 

Tantangannya tidak mudah di tahun-tahun awal (1996 hingga 2000), tetapi tim Aprilia bekerja keras membuat kemajuan yang dinamis dan berhasil mendongkrak performa para pembalap kelas dunia seperti Loris Reggiani, Tetsuya Harada, dan Jeremy McWilliams di berbagai lintasan bergengsi dunia.

Begitupun ketika regulasi teknis MotoGP berubah seiring peralihan dari kategori 500 cc mesin 2-tak ke 990 cc 4-tak, tim Aprilia Racing berambisi untuk menantang para raksasa Jepang dengan meluncurkan prototipe 3-silinder ringan, RS Cube. 

Sayangnya, terlepas dari upaya para pembalap berbakat yang ditunjuk, hasil yang diinginkan tidak cukup memenuhi ekspektasi sehingga tim Aprilia Racing keluar dari balapan MotoGP pada akhir musim 2004.

Setelah vakum cukup lama, tim Aprilia Racing kembali balapan di lintasan MotoGP pada 2015, yang didukung oleh Piaggio Group sebagai induk yang telah menaungi pabrikannya sejak 2004 silam. 

Saat kembali ke MotoGP tim Aprilia Racing berkolaborasi dengan Gresini Racing hingga 2021. 

Setelah berhasil mencetak beberapa kemenangan di dua musim terakhirnya bersama Gresini Racing, tim Aprilia Racing akhirnya memutuskan untuk tampil sepenuhnya sebagai tim pabrikan.

Aprilia Racing resmi menjadi Factory Team di MotoGP tepat pada peringatan ketiga puluh gelar kejuaraan dunia GP Motor Racing pertama Aprilia, yang dimenangkan bersama Alex Gramigni. 

Di tahun 2022 ini Aprilia Racing mempercayai motor Aprilia RS-GP 2022 yang menjadi andalan duo Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, serta livery baru RS-GP 2022.

Diharapkan pada balapan di MotoGP Indonesia 2022 ini dua pembalap tim Aprilia Racing bisa memberikan hasil terbaik untuk mengulang kesuksesan mereka di masa lalu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top