Acuan Tepat untuk Mengganti Kampas Rem Motor

Tahukah Anda bahwa ketebalan kampas rem bukan satu-satunya acuan bagi Anda untuk menentukan waktu mengganti kampas rem motor?

Umumnya, acuan yang digunakan dalam menentukan waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem motor adalah ketebalan dari kampas rem tersebut. Saat sudah melihat kampas rem sudah mulai tipis atau habis, biasanya pengguna motor akan segera melakukan penggantian.

Jika penggantian kampas rem tidak lekas dilakukan, tentu saja kondisi tersebut akan memakan piringan cakram dan berpotensi membuat piringan cakram pada komponen rem motor Anda menjadi tipis. Namun, ada kalanya kampas rem yang masih terlihat tebal harus segera diganti baru.

Karena dalam beberapa kasus ada saja kampas rem yang materialnya mengeras sehingga saat mengerem sudah tidak maksimal. Cirinya itu saat mengerem tuas rem motor Anda akan terasa keras, tetapi rem tidak menggigit dan daya berhentinya tidak terlalu pakem.

Ini biasa ditemukan saat ganti kampas rem pakai produk aftermarket, apalagi kampas rem yang mereknya tidak jelas.

Kondisi seperti ini bisa berpotensi memakan piringan cakram jadi cepat tipis namun performa pengereman juga menurun.

Sebaiknya, jika mengalami masalah seperti itu ada baiknya Anda segera ganti kampas rem motor dan jangan dibiarkan.

Jika hal tersebut dibiarkan, rem malah tidak berfungsi maksimal saat dibutuhkan dan bisa membuat risiko timbul kecelakaan karena pengereman yang buruk akan semakin besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top